Intan Purwati

nama Intan Purwati mengajar di SMP negeri 1 Pamotan, kabupaten Rembang mapel IPS...

Selengkapnya
MENGHADAPI ANAK MASA TANTUM

MENGHADAPI ANAK MASA TANTUM

Masa tantum anak biasanya dimulai dari usia 2 sampai 3/4 tahun. Masa ini memang gampang-gampang susah untuk dilalaui. Bagi ibu-ibu muda yang baru mempunyai pengalaman pertama masa ini tidaklah mudah. pada masa ini anak mempunyai emosi yang sulit dikendalikan karena memang ini adalah masa anak untuk belajar mengendalikan emosi dan keinginannya. Masa ini sangatlah penting karena akan menentukan karakter anak dikemudian hari.

Kesulitan kita menghadapi anak pada masa ini adalah mengendalikan keinginannya. Bisanya anak akan meminta sesuatu dan jika kita tidak memberi ayau menuruti anak akan menangis dan marah-marah. Kita biasanya tidak sabat mendengar tangisannya dan kita akan memberi apa yang anak minta. ketika dia berhasil menggunakan senjatanya yaitu menangis anak akan mengulanginya lagi dikemudian hari untuk memenuhi keinginannya.

Apa sebaiknya yang harus kita lakukan. Sebenarnya kita hanya perlu bersabar, tentunya itu tidak mudah. Biarkan anak menangis sampai dia berhenti menangis dengan sendirinya. Kita harus tahu waktu tidur anak karena anak akan rewel dan semua seba salah ketika anak mengantuk. Mengapa kita tidak boleh memberikan semua keinginan anak ?. Kita harus menanamkan pada anak bahwa tidak semua keinginan kita bisa terpenuhi. ini penting sekali untuk kehidupan anak ketika ia mulai beranjak dewasa. Mungkin kitaka anak usia 3 tahun paling yang diminta hanya sekedar mainan atau makanan yang kita dapat penuhi dengan mudah. tetapi jika masa tantum ini tidak dapat kita lalui dengan baik masa ini akan berlanjut sampai anak tumbuh dewasa. Tidak jarang kita jumpai anak SMA atau AMP meminta sepeda motor sampai mengancam orang tua tidak mau sekolah dan sebagainya, ini adalah kegagalan kita menghadapi masa tantum anak.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Harus tegas sebagai orang tua dalam mendidik. Agar anak tidak manja. Salam

13 Mar
Balas

Terima kasih infonya

13 Mar
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali